Siklus hidup

Tausiyah malam (masih) dari eLJe🙂

Sahabat-sahabat tausiyah malam, marilah kita mencoba sedikit pahami ayat dibawah ini :

“Allah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan sesudah keadaan lemah itu kekuatan, Kemudian Dia menjadikan sesudah kekuatan itu kelemahan dan uban. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki dan Dia-lah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa” (Ar Ruum : 54).

Ayat diatas adalah uraian tentang tahap-tahap hidup manusia secara umum, yaitu dimulai dari kelemahan yg berbentuk sperma bertemu indung telur, lalu secara bertahap menjadi bayi yang lemah, kemudian dengan kekuatan menjadi kanak-kanak dan remaja hingga manusia dewasa. Hal ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama sampai melewati usia kematangan dan kemudian menjadi lemah kembali dangan hilangnya banyak kekuatan dan potensi diri.

Memang ada beberapa orang yang meninggal ketika masih dalam tahap awal hidupnya ada juga yang meninggal dalam pada puncak kekuatannya, karena itu Allah menutup ayat diatas dengan pernyataan tegas bahwa Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki karena Dia-lah yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.

Jadi, manusia normal akan kembali menjadi lemah setelah melewati puncak kekuatan. Dan apa yang terjadi dalam keadaan lemah adalah cerminan dari apa yang dilakukan dalam keadaan kuat. Apabila masa kuat dihabiskan untuk menjaga hubungan baik dengan manusia (silaturahim, shodaqoh, zakat, menjaga persatuan umat, dll) dan menjaga hubungan baik dengan Allah (sholat, puasa, haji, dll), maka insya Allah ketika datang masa lemah, Allah akan menjaga kita, dan orang-orang yang menjadi sahabat dalam berbuat kebaikan juga akan selalu bersama kita.

Tapi, bila masa kuat dihabiskan dengan maksiat, maka ketika masa lemah datang, orang-orang yang bersama dalam berbuat maksiat akan pergi meninggalkan kita, dan Allah juga enggan menolong kita kecuali kita sempat taubat dan membersihkan diri.

Semoga kita mampu mengisi masa kuat kita dengan amal sholeh, ketaqwaan dan keimanan kepada Allah. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s