Fahami dan amalkan Al Quran

Twends,

Alhamdulillah tahun ini aku berhasil khataman Ramadlan, baca seluruh ayat suci Al Quran dalam bulan Ramadlan. Namun, harus kuakui, tidak semua ayat itu benar-benar aku hayati dan resapi. Apalagi karena kemarin aku agak terburu-buru, mengejar waktu. Dan kalau belum benar-benar diresapi dan dihayati, bagaimana kita bisa tahu, apakah kita sudah 100% mengamalkannya.

Memang inilah PR besar seluruh umat Muslim, kita harus benar-benar hayati Game Plan Manual kehidupan kita. Mengapa Allah menciptakan kita? Apa tugas kita? Apa inti dari missi hidup kita? Apa yang harus kita kejar dalam beberapa tahun kehidupan kita ini? Bagaimana kita harus mengejarnya? Apa pegangan kita? Apa yang harus kita waspadai? Apa yang bisa membantu kita mencapai tujuan tersebut? Mengapa? Bagaimana? Di mana? Ke mana?
Tentu kita harus tahu jawaban dari semua pertanyaan itu agar kita dapat memenuhi tujuan hidup yang telah ditetapkan oleh Yang Menciptakan kita.

Kalau tidak? Rugi sekali. Kita bisa menyesal dalam keabadian, menyesal dan menderita tanpa habis. Ibarat membeli benda mahal yang belum kita kenal, tentu kita harus dengan seksama membaca manualnya. Tanpa memahami manual, bisa-bisa rusaklah benda mahal itu. Nah, kalau benda, bisa beli lagi. Bagaimana kalau yang rusak hidup itu kehidupan kita yang ada batas waktunya? Waktu tidak bisa kita putar kembali, bukan? Jadi berhati-hatilah, twends. Hidup kita ini amat sangat berharga, jadi yuk kita jaga supaya bisa berjalan baik, sesuai pencipataannya, dan efektif mencapai tujuan…. bahagia dunia akhirat.

Thanks to iPhone and iPad, saya kini bisa mendengarkan Al Quran 24 jam. Menolong sekali lho dalam upaya mencoba menghayati dan meresapi Al Quran.
Semoga kita semua dapat mulai menghayati, meresapi, dan kemudian mengamalkan Al Quran sebagai pedoman utama, manual kehidupan kita. Semoga Allah memberikan kemudahan, kelancaran, kebaikan dan pahala tak habis-habisnya dari penghayatan dan pengamalan ini. Aamiin YRA.

Di bawah ini ada pesan-pesan Bang BRH mengenai Al Quran, kita simak yuk…

🌷💐🌸🌷💐🌷🌸

Amalan Ramadhan yang utama adalah membaca dan memahami ayat-ayat Al-Quran untuk kemudian diamalkan, karena tujuan Al-Quran diturunkan bukanlah sekedar untuk dibaca dan diperlagukan.

Banyak orang yang membaca Al-Quran, melagukannya, membuat dengan ukiran dan hiasan yang indah, namun enggan mendalami dan menghayati tujuan diturunkannya Al-Quran, yang berakibat tidak akan berfungsinya Al-Quran dalam kehidupan, seperti orang sakit yang membaca jadwal minum obat namun tidak memakannya.

Adapun tujuannya termaktub dalam Surah Al-Baqarah ayat 185:

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang didalamnya diturunkan permulaan Al-Quran sebagai petunjuk bagi Manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda antara yang hak dan yang bathil”.

Itulah tujuan penurunan Al-Quran, yakni menjadi petunjuk serta menjelaskan petunjuk-petunjuk tersebut, dan menjadi rahmat bagi yang meyakini.

“Al-Quran ini adalah pedoman bagi Manusia; petunjuk dan rahmat bagi yang meyakini” [Al-Jaatsiyah 20].

Hal ini tidak mungkin diperoleh jika kita sekedar berlagu atau menggantungnya didinding rumah tanpa melakukan pemahaman akan isinya.

“Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar” [Al-Israa 9].

Orang beriman wajib berusaha menghayati serta memahami Ayat-Ayat Al-Quran, guna mampu melaksanakan semua perintahNya.

“Sesungguhnya telah Kami turunkan sebuah kitab yang didalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tidak memahaminya?” [Al-Anbiyaa 10].

“Adapun orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni Neraka” [Al-Baqarah 39].

Semoga kita mampu meneruskan amalan utama Ramadhan, khususnya dalam memahami dan mengamalkan Ayat-Ayat Al-Quran sampai Akhir Hayat. Aamiin [BRH].

🌷💐🌸🌷💐🌸🌷

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s