Skip to content
Advertisements

Al Quran dan syafaat

IMG_5216830394831Sahabat-sahabat, tahukah bahwa Al Qur’an akan memberi syafaat kepada pembacanya pada hari kiamat nanti?

Dari Abu Umamah R.A, ia bercerita bahwa ia pernah mendengar dari Rasulullah saw bersabda: “Bacalah Al Qur’an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya” (HR Muslim no 803).

Syafaat, dalam arti yang sederhana adalah pertolongan. Kita tahu, bahwa setiap manusia tak akan luput dari dosa dan kesalahan. Dan pada diakhirat nanti kita membutuhkan pertolongan agar kita selamat. Salah satu bentuk pertolongan atau syafaat di akhirat nanti bisa didapatkan melalui Al Qur’an.

Pada dasarnya, syafaat mutlak milik Allah, dan diberikan oleh Allah kepada siapa saja yang di ridhaiNya. Nabi Muhammad adalah manusia yang diridhoi Allah untuk memberikan syafaat. Dan berdasarkan hadits diatas, bisa diartikan bahwa orang yang rutin membaca Al Qur’an adalah orang yang mendapatkan syafaat atau pertolongan.

Di dalam Al Qur’an : Berkatalah Rasul: “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur’an ini suatu yang tidak diacuhkan” (Al Furqan: 30).

Dari ayat diatas, bisa juga diartikan bahwa bahwa syafaat Rasul sangat ditentukan oleh bagaimana tingkat amal kita terhadap Al Qur`an. Jika kita masih menjadikan Al Qur’an hanya sebagai bacaan, atau bahkan kita jauhi, kita abaikan dan kita simpan di dalam lemari tanpa pernah membacanya, apalagi mentadabburinya, maka sebaiknya kita jangan berharap Rasul akan memberikan syafa’atnya. Karena pengabaian kita pada Al Qur’an.

Semoga, kita bisa selalu meluangkan waktu untuk membaca Al Qur’an, (bukan membaca Al Qur’an bila ada waktu luang) dan menjadikan Al Qur’an sebagai petunjuk hidup kita. Sehingga syafaat Rasul melalui Al Qur’an akan membantuk kita di akhirat kelak. Aamiin.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

💐💐💐💐💐

Yuk, luangkan waktu secara disiplin untuk mempelajari dan mengamalkan Al Quran yuk, insya Allah disiplin ini dapat memuluskan jalan untuk mendapat ridloNya dan surgaNya.
Aamiin YRA.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: