Iman, puasa, taqwa

Tausiyah malam (masih) dari eLJe🙂

Sahabat-sahabat…beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan Ramadhan. Izinkan saya untuk membahas tentang puasa Ramadhan sekedar untuk mengingatkan kembali. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kita dalam menjalani puasa Ramadhan.

Sebagaimana sering kita dengar dan baca, kewajiban puasa adalah perintah Allah : “Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa” (Al Baqarah : 183).

Ada 3 hal penting yang harus kita pahami dari ayat diatas yaitu : Iman, Puasa dan Taqwa.

Panggilan untuk puasa pada ayat diatas hanya berlaku bagi orang-orang beriman atau mukmin, yaitu orang-orang yang percaya kepada Allah, Malaikat, Rasulullah, Kitab Allah, Hari Kiamat serta Qadha dan Qadar. Padahal kita tahu bahwa melaksanakan puasa adalah salah satu dari rukun Islam. Berarti puasa adalah kewajiban bagi seorang muslim, tapi puasa ramadhan adalah kewajiban bagi seorang muslim yang beriman.

Lalu mengapa Allah hanya memanggil orang-orang beriman untuk berpuasa pada ayat diatas? Itu tandanya, bahwa orang-orang yang dipanggil mempunyai tingkat yang lebih tinggi daripada sekedar muslim.

Bahwa pelaksanaan puasa seorang dengan kategori mukmin adalah berbeda dengan puasanya seorang muslim. Dimana puasanya seorang mukmin bukan hanya sekedar menahan diri secara fisik seperti lapar, haus, menjaga pandangan, tidak berhubungan suami istri di siang hari, dll. Tapi juga menahan diri secara bathin seperti menahan diri dari fikiran-fikiran kotor dan jahat, menahan diri dari nafsu, dan juga menahan diri dari segala sesuatu yang bisa mengakibatkan pengkotoran jiwa.

Karena puasanya seorang beriman adalan puasa lahir dan bathin. Dan puasa adalah sebagai sarana pensucian jiwa serta raga, maka tujuan akhir dari puasanya adalah taqwa.

Semoga, kita termasuk dalam kategori orang-orang beriman dalam menjalan puasa ramadhan tahun ini, sehingga hanya ketaqwaan yang kita dapatkan. Aamiin..

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s