Skip to content

Agar hati tenang dan tenteram

Tausiyah malam (masih) dari eLJe 🙂

Beberapa hari lalu ada seorang sahabat bertanya bagaimana caranya agar mendapatkan ketenangan dan ketentraman hati.

Untuk mendapatkan ketenangan hati, Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang sudah menunjukkan jalannya : “… orang-orang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram” (Ar Ra’d : 28).

Jadi, mengingat Allah adalah jalan untuk mencapai ketenangan hati. Lalu, bagaimana cara mengingat Allah ? Dalam Al Qur’an, Allah juga sudah mengajarkan kita apa yang harus kita lakukan untuk mengingat Allah.

Pertama – sembahlah Allah dengan khusyuk dan sholatlah. Baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Sebagaimana firmanNya : “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku” (Thaha : 14).

Kedua – selalu luangkan waktu untuk membaca Al Qur’an, atau setidaknya mendengarkan pembacaan Al Qur’an. Alangkah sangat baik bila diikuti dengan pengkajian Al Qur’an. Allah berfirman : “Dan Al Qur’an ini adalah suatu kitab (dzikir/peng-ingat) yang mempunyai berkah yang Kami turunkan. Maka mengapa kamu mengingkarinya? (Al Anbiyaa : 50)

Ketiga – selalu menghadirkan keagungan Allah dalam hati dan dalam setiap tarikan nafas kita, dimanapun dan dalam keadaan apapun. Seperti selalu mengucap Subhanallah atau Alhamdulillah atau Laa ilaaha illa Allah atau Astagfirullah. Allah memerintahkan dalam Al Qur’an :”yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring…” (Ali Imran : 191)

Insya Allah, dengan ketiga cara yang diajarkan Allah dalam Al Qur’an diatas, dapat membantu kita untuk mendapatkan ketenangan hati. Aamiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: