Skip to content

Nikmat dan bencana sebagai ujian yang memuliakan

Al-Quran menjelaskan bahwa orang yang beriman tentulah akan mendapat ujian atau cobaan hidup.

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan: “kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi?” [Al-Ankabuut 1].

Namun ada anggapan bahwa ujian itu hanyalah dalam bentuk musibah saja, padahal kenikmatan berlimpah-limpah sebenarnya merupakan bentuk lain dari sebuah ujian.

“Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah diantara mereka yang terbaik perbuatannya”. [Al-Kahfi 7].

Dengan persepsi yang keliru itu akan mengakibatkan dangkalnya nilai hikmah yang dapat diambil dari setiap ujian, serta tidak ada pembelajaran nilai dalam peningkatan iman dan taqwa.

Allah berfirman:

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan yang sebenar-benarnya”. [Al-Anbiyaa 35].

Sebenarnya ujian adalah jalan untuk menempatkan manusia pada posisi kemuliaannya, yaitu manusia yang selalu taat pada perintahNya dan menjauhi laranganNya, sebagai jalan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Dengan kata lain, musibah dan nikmat merupakan ujian kehidupan, sebagai sebuah pembelajaran agar manusia selalu mawas diri dalam menjaga harkatnya sebagai mahluk yang diberikan kemuliaan.

“Kami bagi-bagi mereka di dunia ini menjadi beberapa golongan, diantaranya ada orang-orang yang shaleh, dan diantaranya ada yang tidak demikian. Dan Kami coba mereka dengan nikmat yang baik-baik dan bencana yang buruk-buruk, agar mereka kembali kepada Kebenaran“. [Al-A’raaf 168].

“Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya”. [Al-Mulk 1-2].

Semoga kita semua akan selalu ikhlas serta bermawas diri ketika menghadapi berbagai bentuk ujian kehidupan, guna mendapatkan hikmahnya didalam menggapai kebahagiaan yang hakiki. Aamiin. [BRH].

🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: