Banyak-banyaklah beribadah dan bersujud padaNya, semoga semua #doa kita dikabulkanNya. Amin.

wpid-mtf_icfpg_2511.jpg

Kita mungkin sering mendengar atau bahkan kita sendiri sering melakukannya, yaitu memintakan doa dari seseorang untuk kita. Misalnya ketika kita ingin melakukan suatu pekerjaan, mungkin kita datang kepada orang tua kita, dan setelah kita bercerita, kita sering berkata “tolong doakan yaa…semoga pekerjaan ini lancar.”

Atau ketika kita umpamanya mau melakukan suatu usaha untuk mendapatkan rizki dari Allah, kita juga mungkin pernah berkata kepada orang tua, teman, guru atau sahabat ” tolong doakan yaa…agar usaha ini mudah dan berkah..”

Atau ketika anak-anak kita mau melaksanakan ujian akhir, kita juga mungkin pernah memintakan kepada orang lain untuk bantu mendoakan anak-anak kita.

Pada dasarnya, apapun yang akan kita lakukan, selama niatnya adalah kabaikan sebagai ibadah kepada Allah, insya Allah semuanya akan berjalan lancar dan kita akan melihat hasil dari pekerjaan kita tersebut. Karena Allah telah menjamin: “Siapa saja yang mengerjakan kebaikan sebesar zarrah pun, niscaya dia akan melihat balasannya pula” (Al Zalzalah : 7).

Bahwa apakah terkabul doa orang-orang disekitar kita yang ikut mendoakan, semua itu adalah hak Allah. Dan bila doa itu untuk kebaikan, insya Allah akan dikabulkan. Tapi….tingkat pengabulan doa tersebut sangat tergantung dari tingkat ibadah kita, yang meminta didoakan.

Dari Rabi’ah bin Ka’ab al Islami bercerita, saya bermalam bersama Rasulullah. Saya menyediakan air untuk wudhu dan keperluan beliau yang lain. Kemudian Rasulullah berkata: “Mintalah sesuatu kepadaku.” Saya berkata: “Saya ingin bisa bersama engkau di surga” Lalu Rasulullah bertanya: “Apakah ada yang lain?”
Saya menjawab: “Hanya itu saja, wahai Rasulullah.” Kemudian Rasulullah bersabda: “Bantulah aku untuk mengabulkan permintaanmu itu dengan memperbanyak sujudmu” (HR Muslim).

Dari riwayat diatas jelas bahwa sebenarnya Rasulullah bisa saja berdoa kepada Allah untuk Rabi’ah. Tapi Rasulullah meminta Rabi’ah untuk memperbanyak sujud, artinya memperbanyak menyembah Allah. Itu adalah sebagai pelajaran bagi kita, bahwa doa orang-orang disekitar kita akan terbantu dengan ibadah-ibadah kita kepada Allah.

Semoga, kita bisa meningkatkan ibadah kita, sehingga doa-doa yang baik dari orang-orang disekitar kita akan lebih mudah di ijabah oleh Allah. Aamiin..

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

🌺🌺🌺🌺🌺🌺

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s