Skip to content

Reward and punishment Allah

Tausiyah malam (masih) dari eLJe 🙂

Sahabat-sahabat, mari coba kita renungi sedikit mengenai makna ayat dibawah ini :
“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya Allah amat keras siksaNya dan bahwa sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Al Maidah : 98).

Dengan bahasa yang lebih mudah, ayat diatas bermaksud : ketahuilah wahai manusia, bahwa sesungguhnya Allah amat keras yakni pedih siksaNya bagi yang membangkang pada ketentuan-ketentuanNya namun adil, dan bahwa sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang bagi yang bertaubat dan mendekatkan diri kepadaNya.

Ayat diatas dimulai dengan kata ‘ketahuilah’ yang merupakan salah satu gaya bahasa yang bertujuan meminta perhatian manusia atas apa yang akan diberitakan oleh Allah. Dan dalam hal ini Allah menyampaikan 3 hal yaitu amat keras siksaNya, Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Bila diperhatikan amat keras siksanya dihadapkan dengan dua sifat Allah yaitu Maha Pengasih dan Maha Penyayang, itu mengisyaratkan bahwa rahmat dan kasih sayang Allah melebihi murkaNya.

Jadi, sepanjang kita sadar atas kesalahan-kesalahan kita dan kemudian kita bertobat dan membersihkan diri, maka Allah dengan kasih dan sayangNya akan memaafkan dan menerima tobat kita, selama malaikat Izrail belum menarik nafas sampai di tenggorokan. Dan karena kita tidak pernah tahu kapan malaikat Izrail akan mendatangi kita, maka segeralah kita bertobat, meninggalkan semua perbuatan salah dan membersihkan diri dengan meningkatkan amal ibadah kita.

Semoga, Allah memberi kesempatan kepada kita untuk bertobat, sehingga kita terhindar dari siksaNya yang pedih. Aamiin.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: