Skip to content
Advertisements

Hati-hati, yang cerdas pun terperdaya.

Sahabat-sahabat tausiyah malam,
Beberapa malam terakhir saya tidak bisa menulis dan mengirimkan tausiyah sebagaimana biasanya. Hal ini disebabkan karena saya adalah manusia yang lemah, dengan hati yang mudah terpedaya oleh kesibukan dunia, dengan jiwa yang mudah tergoda sehingga muncul nafsu amarah dan nafsu lawwamah, dan dengan fikiran yang gampang dirasuki kesenangan atau kemarahan sehingga jauh dari ketenangan.

Semua hal diatas yang memperdaya hati, menggoda jiwa dan merasuki pikiran, sehingga menjauhkan manusia dari jalan Allah, pada dasarnya adalah godaan setan dan iblis. Karena setan dan iblis telah berjanji bahwa mereka akan selalu menggoda anak-cucu Adam hingga mengikuti jalan mereka dan menjauh dari jalan Allah.

Manusia sering tidak sadar bahwa perbuatannya salama ini sangat jauh dari ajaran Allah dan RasulNya, dan ketidaksadaran itu memang sengaja dibuat oleh setan, Allah telah mengingatkan :”…dan setan menjadikan mereka mamandang baik perbuatan-perbuatan mereka, sedangkan mereka adalah orang-orang yang berpandangan tajam.”

Orang yang berpandangan tajam bisa diartikan sebagai orang-orang pandai, pintar dan cerdas. Dan setan mampu menipu orang-orang yang cerdas sehingga mereka memandang baik perbuatan mereka yang sesungguhnya sesat dan jauh dari jalan Allah.

Semoga Allah selalu melimpahkan karunia dan rahmat Nya kepada kita sehingga kita dijauhkan dari bujuk rayu setan.

“…kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu, tentulah kamu mengikuti setan, kecuali sebagian kecil saja (diantara kamu)” (An Nisa : 83).

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: