Skip to content

Belajar dari nyamuk

Seorang keponakan dari sahabat saya hari ini terserang DBD. Semoga Allah segera memberikan kesembuhan.

Dan muncul ide untuk menuliskannya sebagai tema tausiyah ini. Mari kita coba pahami firman Allah : “Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Allah, tetapi mereka yang kafir mengatakan ‘apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan ?’. Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah dan dengan perumpamaan itu pula banyak orang yang diberi petunjukNya. Dan tidak ada yang disesatkan kecuali orang2 fasik” (Al Baqarah : 286)

Bila kita perhatikan lebih teliti ayat diatas, bahwa Allah memberikan nyamuk sebagai perumpamaan dan hanya orang beriman yang diberikan petunjuk.

Dari nyamuk kita seharusnya bisa belajar. Penyakit malaria yang sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu, telah banyak memakan korban. Tahun 2009 tercatat 225 juta orang terjangkit dan 800 ribu orang meninggal. Penyakit yang hingga kini belum ada obat yang manjur.

Ada lagi penyakit demam berdarah. Setiap tahun ada sekitar 50 juta kasus di seluruh dunia. Ada 150 ribu kasus dengan 1400 orang meninggal dunia di indonesia pada tahun 2010 akibat penyakit ini. Penyakit ini juga belum ada obat yang mujarab.
Belum lagi penyakit chikunguya, yang juga disebabkan oleh nyamuk.

Jadi, hanya karena nyamuk saja, kehidupan manusia terancam, dunia kedokteran menjadi berkembang, alam dan lingkungan harus di perhatikan. Maka benarlah firman Allah diatas, bila kita beriman maka akan mendapat petunjuk, tapi bila kita fasik maka akan mendapat kesesatan.

Semoga, Allah selalu memberikan berkah akal bagi kita agar kita bisa mencermati semua ciptaanNya sehingga kita lebih beriman dan mendapatkan petunjukNya.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: