Skip to content

Agungkanlah Allah, rendahkanlah diri

Bila kita ditanya seseorang, apakah kita mengakui bahwa Allah itu Maha Besar ? Pasti kita semua akan berucap bahwa kita mengakui Allah itu Maha Besar.

Bila kita mau sedikit memperhatikan, untuk memulai sholat kita harus bertakbir dengan mengucap Allahu Akbar. Dan setiap gerakan dalam sholat selalu kita dahului dengan mengucap takbir Allahu Akbar, kecuali satu gerakan saja yaitu ketika bangkit dari ruku’. Pernahkan kita menghitung berapa kali kita mengucap Allahu Akbar dalam sehari?

Bila kita mau instrospeksi diri sendiri, berapa banyak hal yang kita lakukan di dunia ini yang merupakan bukti pengakuan kita bahwa Allah Maha Besar? Mungkin hanya sedikit sekali. Kita lebih sering membesar-besarkan jabatan kita, membesar-besarkan keturunan kita, membesar-besarkan kekayaan kita, membesar-besarkan kekuasaan kita, yang semua itu tanpa sadar kita lakukan didunia dalam bentuk sombong, merendahkan orang lain, menganggap diri lebih tinggi, menghina, melecehkan dan menyusahkan orang lain.

Yang sebenarnya tanpa kita sadari kita sudah melecehkan kebesaran Allah dengan berbuat seeperti itu.

Apa penyebabnya? Salah satu penyebab utama adalah kita jarang bahkan tidak pernah khusyuk dalam berdoa, kita tidak pernah sempurna dalam berdoa. Berdoa bagi kita mungkin hanya hiasan dibibir saja, yg sering kita ucapkan setelah selesai sholat, tanpa pernah menjiwai dengan hati makna doa kita itu.

Allah sudah memberitahukan bahwa dengan doa akan membuat manusia lebih rendah hati dan lebih zuhud dalam kehidupan dunia. Sebagaimana firmanNya :

“Berdoalah kepada Tuhan dengan merendahkan diri dan dengan suara hati yang lembut tersembunyi…” (Al A’raaf : 55)

Lihatlah, bagaimana Allah menyuruh kita untuk berdoa dan merendahkan diri kita dihadapanNya. Karena itu adalah bukti pengakuan kita bahwa Allah Maha Besar.

Semoga, kita bisa menyempurnakan doa kita, dan kita bisa menjadi manusia yang selalu mengakui kebesaran Allah dalam setiap tindak tanduk kita di dunia. Aamiin…

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: