Skip to content
Advertisements

Tingkat-tingkat rizki

IMG_6689

Ada empat cara Allah memberi rizki kepada makhlukNya:

1. Rizki tingkat 1

“Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tak dijamin oleh Allah rizkinya.”(QS. 11: 6)

Artinya Allah akan memberikan kesehatan, makan, minum untuk seluruh makhluk hidup di dunia ini. Hal ini adalah rezeki dasar yang terendah.

2. Rizki tingkat 2

“Tidaklah manusia mendapat apa-apa, kecuali apa yang telah dikerjakannya”
(QS. 53: 39)

Allah akan memberikan rizki sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Jika ia bekerja 2 jam, dapatlah hasil yang 2 jam. Jika kerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, lebih sungguh-sungguh, ia akan mendapat lebih banyak, tak pandang agamanya.

3. Rizki tingkat 3

“… Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih.” (QS. 14: 7)

Inilah rizki yang disayang Allah. Orang-orang yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah dan mendapat rezeki yang lebih banyak. Itulah Janji Allah. Orang yang pandai bersyukurlah yang dapat hidup bahagia, sejahtera dan tentram. Usahanya akan sangat sukses, karena Allah tambahkan selalu limpahan karuniaNya

4. Rizki tingkat 4 (untuk orang-orang beriman dan bertaqwa)

“…. Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq/65:2-3)

Peringkat rizki keempat ini adalah rezeki yang istimewa, tidak semua orang bisa meraihnya. Orang istimewa ini (muttaqun) adalah orang yang benar-benar dicintai dan dipercaya oleh Allah untuk memakmurkan / mengatur kekayaan Allah di bumi ini.

Semoga kita semua diberkahi dengan rizkiNya yang berlimpah, berkah dan berperingkat tinggi. Amin.

Nah, apakah hal paling sederhana yang dapat kita lakukan lebih baik lagi hari ini agar kita bisa mendekat ke tingkat empat?

Dan mengapa hal ini penting bagi kita?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: