Jangan tergesa-gesa dalam berdoa, jangan memaksa Allah. Sabar…

wpid-facebook_983072665.jpg

Banyak diantara kita “memaksa” Allah agar doanya cepat dikabulkan. Kalau doa yang diucapkan berkali-kali belum juga terkabul, kita pun menyangsikan kasih sayang Allah pada kita. Bahkan ada yang berkata, “Aku marah pada Allah, kenapa aku diberikan cobaan seperti ini, Allah tak sayang padaku.”

Ternyata Rasulullah sudah memperingatkan kita akan hal ini, dan mengatakan:

“Do’a salah seorang kalian akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa (meminta pengabulannya) sehingga ia berkata, ‘Aku sudah berdo’a namun tidak juga dikabulkan’,” (HR Bukhari dan Muslim)

Di dalam Shahih Muslim masih dari Abu Hurairah radhiallaahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Doa seorang hamba akan senantiasa terkabul selama ia tidak berdo’a untuk kemaksiatan atau untuk memutuskan silaturrahim, dan tidak tergesa-gesa.” Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, bagaimanakah bentuk ketergesa-gesaan yang dimaksud?” Nabi SAW menjawab:

“Hamba tadi berkata: ‘Aku telah berdoa, sungguh aku telah berdoa, namun Allah belum juga mengabulkan doaku. Ia merasa jenuh dan letih, lalu akhirnya meninggalkan doa.”

Imam Al Muhaqqiq Ibnu Qoyyim Al Jauziyah  mengatakan dalam kitabnya Ad Daa’u wad Dawaa’u,“

“Salah satu kesalahan yang menghalangi adanya atsar/bekas dari do’a adalah seorang hamba tergesa-gesa dalam berdo’a. Ia menganggap Allah lambat mengabulkan do’anya yang akhirnya ia meninggalkan berdo’a kepada Allah”

Nah, jadi kita harus selalu sabar, berserah, yakin dan percaya bahwa Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan pada setiap saat. Kalau doa kita belum dikabulkan, artinya memang saat tersebut belum tepat bagi kita untuk mendapatkannya, atau memang yang kita inginkan tidak baik bagi kita. Karena apa yang kita fikir baik bagi kita bisa jadi buruk bagi kita. Yang kita fikir buruk bagi kita bisa jadi baik.

Hidup akan lebih indah bila kita selalu ikhlas dan berserah diri.

Semoga Allah lindungi dan berkahi setiap langkah kita, dan memberikan kita apapun yang terbaik bagi kita pada saat yang paling baik. Amin.

(Terinspirasi email Mbak Aswita Tazwir dari milis Imsa Sister)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s