#Ayah sudahkah kau bimbing anakmu sebagai amanhNya yang sangat berharga? #HariAyah #FathersDay

wpid-wp-1406448709514.jpeg

Tausiyah malam (masih) dari eLJe :)

Sahabat-sahabat yang saya cintai dan insya Allah dicintai oleh Allah. Dalam Al Qur’an Allah sudah mengingatkan kita akan adanya cobaan yang disebabkan oleh anak dan harta kita. Ada dua kali peringatan yang persisi sama yang di berikan oleh Allah.

Pertama, firman Allah dalam surat An Anfaal : 28, “Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai fitnah (cobaan) dan sesungguhnya disisi Allah-lah pahala yang besar”

Yang kedua, firman Allah dalam surat At Taghaabun : 15, “Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah fitnah (cobaan) bagimu, dan disisi Allah-lah pahala yang besar.

Fitnah atau cobaan bisa bermaksud untuk menjerumuskan juga bisa bermaksud untuk menambah keimanan. Karena itulah bila anak dan harta bila salah dalam penggunaan dan pengaturannya, akan menjadikan kita terjerumus dalam kemaksiatan, kesulitan bahkan kesesatan. Tapi bila anak dan harta diatur dan kelola dengan baik, maka mereka bisa membawa kita menggapai kebahagiaan dan menggapai surga, karena dengan anak-anak dan harta tersebut kita bisa mencari pahala yang besar dimata Allah.

Anak harus dididik dengan ajaran yang benar dan contoh yang benar dari orangtuanya. Harta juga hari dikelola dan diatur dengan benar penggunaannya.

Malam ini, kita coba bahas ayat 28 di surat Al Anfaal. Bagimanakah caranya anak dan harta bisa menbawa cobaan dan bencana buat kita? Allah sudah memberikan peringatan pada ayat sebelumnya, ayat 27 : “Hai orang-orang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul, dan jangan pula mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui”

Jadi, kesimpulan yang bisa diambil dari ayat 27 dan 28, kurang lebih bahwa anak dan harta adalah amanat-amanat yang Allah berikan kepada kita. Bila kita sebagai penerima amanat, mengkhianati ajaran Allah dan Rasul, mengkhianati janji kita yang sering kita ucapkan dalam ucapan dalam dua kalimat syahadat, maka anak dan harta kita akan jadi cobaan yang menjerumuskan kita kedalam kesulitan, kemaksiatan bahkan kesesatan.

Bila anak kita tidak kita didik berdasarkan ajaran Allah atau kita sayangi dengan cara yg salah atau bahkan kita sengaja menjauhkan anak-anak kita dari ajaran Allah, maka kesulitan dunia dan akhirat akan menanti kita.

Bila harta kita dicari, diatur dan dipergunakan dengan selain cara-cara yang diajarkan Allah, seperti hidup boros dan bermewah-mewah, maka kesulitan dunia dan akhirat akan menanti kita.

Semoga, Allah memberikan cahaya dan kekuatan iman kepada kita sehingga kita mampu menjaga dua kalimat syahadat, menjalankan ajaranNya, meninggalkan laranganNya, mengikuti sunnah Rasul dan selalu menjaga amanat-amanat yang diberikan Allah kepada kita. Semoga anak dan harta kita bisa mempertebal keimanan kita sehingga kita bisa hidup dalam keberkahan, keimanan dan insya Allah surga bisa kita dapatkan. Aamiin.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

💐❤💝🌺💐

2 thoughts on “#Ayah sudahkah kau bimbing anakmu sebagai amanhNya yang sangat berharga? #HariAyah #FathersDay

    • Alhamdulillah kalau bermanfaat. Silakan disebarluaskan kalau bisa bermanfaat untuk lebih banyak orang Mbak. Sebenarnya ada beberapa artikel parenting dalam blog saya. Mbak bisa search dengan keyword parenting. Semoga bisa menjado ilmu yang bermanfaat ya. Amin yra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s