Esensi syahadat

Sahabat-sahabat, malam ini kita coba bahas ciri-ciri lain dari orang beriman atau mukmin.

Salah sartu ciri orang Mukmin adalah selalu memegang teguh dua kalimat syahadat, yaitu dia tidak pernah menduakan Allah dan selalu mengikuti ajaran Rasulullah.

Tidak menduakan Allah dengan apa pun termasuk tidak menduakan Allah dengan hawa nafsunya, adalah hal terpenting yang sering dilupakan oleh manusia.

Betapa manusia sering tergiring oleh hawa nafsunya, sehingga banyak melakukan hal-hal yang dilarang Allah untuk memuaskan hawa nafsunya tersebut, baik nafsu untuk pemenuhan kekuasaan, kekayaan maupun seksual. Ketika itulah manusia menjadi terjerumus dalam kesesatan diakibatkan oleh hawa nafsu yg dipertuhankannya.

Tahukah kita, bahwa ketika kita menjadikan hawa nafsu sebagai tuhan, maka Allah akan membiarkan kita? Dan tahukan kita siapa yang akan menolong kita setelah Allah membiarkan kita dalam kesesatan?

Allah berfirman :
“Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmuNya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas pengelihatannya? Maka siapakah yang memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat) Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran? (45 : 23)

Jadi, seorang mukmin yang baik tidak akan menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhan. Dan semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk mengendalikan hawa nafsu kita. Aamiin.

eLJe
Via Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s