Kebaikan dan keburukan adalah cobaan

Mari kita perhatikan ayat ini : “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan” (Al Anbiya : 35)

Firman Allah diatas menjelaskan:
Bahwa tidak ada mahluk berjiwa yang kekal hidupnya di dunia ini. Dan kepada manusia, selama hidupnya Allah akan memberikan cobaan. Bukan hanya dengan keburukan, tapi juga dengan kebaikan. Jadi Allah menguji manusia tidak hanya dgn kemiskinan, kesusahan, sakit, kelaparan, masalah rumah tangga, masalah kantor, masalah dalam kehidupan, dan lain-lain. Tapi berbagai nikmat Allah yang diberikan kepada manusia adalah juga merupakan ujian, seperti sehat, senang, gembira, mendapat apa yang diinginkan, kaya, pasangan hidup yang baik, anak-anak yang banyak, dan lain-lain.

Apa yang Allah inginkan dari kita ketika kita mendapat cobaan? Allah menginginkan kita bersabar ketika mendapat cobaan berupa keburukan dan Allah ingin kita bersyukur ketika mendapatkan cobaan berupa kebaikan.

Bersabar dalam menghadapi kesulitan adalah lebih mudah daripada bersyukur ketika mendapat kebaikan. Mendapat kenikmatan sebenarnya adalah cobaan yang paling berat.
Ali bin Abu Tholib berkata : “barangsiapa yang telah dipalingkan dunianya lalu dia tidak menyadari bahwa dia diperdaya, maka sesungguhnya akalnya telah terpedaya.”

Semoga, kita bisa memahami bahwa kesenangan juga adalah cobaan selain kesulitan. Dan semoga kita bisa menjadi manusia yang sabar dalam kesulitan dan bersyukur dalam kesenangan sehingga kita tidak terpedaya oleh kesenangan dunia. Dan semoga Allah membalas kesabaran kita dengan jalan keluar yang indah dan membalas syukur kita dengan kenikmatan yang berkah. Karena hanya kepada Allah-lah tempat kembali. Yaitu kembalinya seluruh amal dan kembalinya seluruh balasan atas segala perbuatan kita.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s