Ajaklah dengan cara yang baik

Sebagaimana kita tau, di dalam Al Qur’an, banyak sekali perintah Alllah kepada manusia. Dan pada dasarnya, semua perintah itu tidak berguna sama sekali untuk Allah, melainkan sangat berguna untuk manusia itu sendiri. Karena Allah tetap Maha Suci, Maha Agung dan tidak akan berkurang kesucian dan keagungan Allah walaupun manusia tidak memenuhi perintahNya. Tapi, berapa banyak manusia yg enggan untuk melaksanakan perintah Allah.

Saya ambil satu contoh perintah Alllah :
” Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran (cara) yang baik…” (An Nahl : 125)

Dari perintah tsb, Allah menyuruh kita untuk selalu mengajak orang lain untuk selalu berada di jalan Allah. Untuk melaksanakan ibadah dan menjauhkan salah, mengajak bertobat bila pernah berbuat maksiat, dll.

Ada hal yang sangat dalam dari perintah diatas. Bahwa dalam mengajak orang, harus dengan hikmah dan cara yang baik. Disini bisa berarti bahwa mengajak orang ke jalan Allah tidak bisa dengan paksaan, tidak bisa dengan perkataan kasar, tidak bisa dengan ucapan yang buruk.

Karena kita diharuskan mengajak orang ke jalan Allah, maka yang harus kita lakukan adalah mengajak dengan perkataan dan perbuatan. Tapi lebih baik lagi bila kita mengajak orang lain dengan cara membuat diri kita sebagai contoh.

Jadi, mulailah mengajak orang ke jalan Allah, jangan malu untuk menjadi contoh, semisal sholat tepat waktu, mengucapkan salam, bertingkah laku baik, menjaga aurat, menunjukkan kesabaran, dll. Insya Allah nanti semua hal baik akan kembali kepada kita.

Wallahu a’lam

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s